jump to navigation

Audit Pemasaran Oktober 25, 2008

Posted by syairdunk in Edukasi.
trackback

Proses penyusunan marketing plan di mulai dengan melakukan audit pemasaran

di mulai dengan melakukan analisis situasi atau audit pemasaran. Tujuannya adalah untuk

mengetahui masalah-masalah apa yang sedang dan akan dihadapi perusahaan dan

membuat suatu rekomendasi untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan atau

kinerja suatu unit bisnis dalam suatu perusahaan. Audit pemasaran merupakan tinjauan

ulang dan penilaian yang sistematis, kritis dan berimbang terhadap faktor eksternal dan

internal yang mempengaruhi kinerja komersial suatu organisasi selama periode yang

telah ditentukan. Audit pemasaran menjawab pertanyaan :”di mana organisasi saat ini?”.

Audit pemasaran membantu mendefinisikannya dengan memberikan

pendekatan terstruktur terhadap pengumpulan dan analisis data dan informasi pada

lingkungan bisnis yang kompleks. Cara kerja audit pemasaran adalah dengan melakukan

pemeriksaan terhadap suatu perusahaan secara komprehensif,sistematis, independen dan

epriodik. Unsur-unsur yang diperiksa dalam audit pemasaran adalah lingkungan,obyek,

strategi dan kegiatan pemasaran.

Komprehensif artinya audit pemasaran mencakup semua kegiatan pemasaran

yang relvan dan bukan sekedar masalah pemasaran dalam ruang lingkup yang

sempit.Sistematis, artinya audit pemasaran harus melibatkan tahap diagnosis yang telah

disusun sesuai dengan logika atau yang merupakan suatu rangkaian yang terintegrasi

dengan baik. Hal terpenting dala audit pemasaran adalah tindakan korektif yang disusun

dalam bentuk action plan di dalam jangka pendek maupun jangka panjang untuk

meningkatkan efektivitas pemasaran secara keseluruhan.

Independen artinya audit pemasaran harus dilakukan secara obyektif dan

bebas.periodik artinya audit pemasaran harus dilakukan secara berkala, sehingga kinerja

pemasaran perusahaan tersebut dapat dibandingkan dan ditingkatkan setiap waktu.

Keuntungan dari pemeriksanaan secara berkala ini memungkinkan perusahaan tersebut

memonitor posisi mereka terhadap pesaing dan perubahan lingkungan bisnis dari industri

yang bersangkutan.

Analisis situasi ini merupakan evaluasi terhadap kondisi masa lalu sampai saat

ini. Berdasarkan kecenderungan yang terjadi, kita memmbuat estimasi trend yang akan

terjadi di masa yang akan datang. Cara melakukan audit pemasaran adalah dengan

mengikutsertakan para manajer yang terlibat dalam perumusan dan implementasi strategi

pemasaran. Dengan demikian, diharapkan mereka yang terlibat dalam auudit pemasaran

mempunyai tingkat pengetahuan yang cukup untuk memberikan pendapat atau penilaian

terhadap komponen yang terdapat dalam audit pemasaran

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: