jump to navigation

Audit Pemasaran Oktober 24, 2008

Posted by syairdunk in Edukasi.
trackback

Proses penyusunan marketing plan di mulai dengan melakukan analisis situasi atau audit pemasaran. Tujuannya adalah untuk mengetahui masalah-masalah apa yang sedang dan akan dihadapi perusahaan dan membuat suatu rekomendasi untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan atau kinerja suatu unit bisnis dalam suatu perusahaan. Audit pemasaran merupakan tinjauan ulang dan penilaian yang sistematis, kritis dan berimbang terhadap faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi kinerja komersial suatu organisasi selama periode yang telah ditentukan. Audit pemasaran menjawab pertanyaan :”di mana organisasi saat ini?”.

Audit pemasaran membantu mendefinisikannya dengan memberikan pendekatan terstruktur terhadap pengumpulan dan analisis data dan informasi pada lingkungan bisnis yang kompleks. Cara kerja audit pemasaran adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap suatu perusahaan secara komprehensif,sistematis, independen dan periodik. Unsur-unsur yang diperiksa dalam audit pemasaran adalah lingkungan,obyek, strategi dan kegiatan pemasaran <>

Komprehensif artinya audit pemasaran mencakup semua kegiatan pemasaran yang relvan dan bukan sekedar masalah pemasaran dalam ruang lingkup yang sempit.Sistematis, artinya audit pemasaran harus melibatkan tahap diagnosis yang telah disusun sesuai dengan logika atau yang merupakan suatu rangkaian yang terintegrasi dengan baik. Hal terpenting dalam audit pemasaran adalah tindakan korektif yang disusun dalam bentuk action plan di dalam jangka pendek maupun jangka panjang untuk meningkatkan efektivitas pemasaran secara keseluruhan.

Independen artinya audit pemasaran harus dilakukan secara obyektif dan bebas. Periodik artinya audit pemasaran harus dilakukan secara berkala, sehingga kinerja pemasaran perusahaan tersebut dapat dibandingkan dan ditingkatkan setiap waktu. Keuntungan dari pemeriksaan secara berkala ini memungkinkan perusahaan tersebut memonitor posisi mereka terhadap pesaing dan perubahan lingkungan bisnis dari industri yang bersangkutan. (www.ab-fisip-upnyk.com/dl_jump.php?id51)

Audit pemasaran merupakan suatu penelitian yang sifatnya sistematik dan menyeluruh serta dilakukan secara berkala mengenai keseluruhan segi pemasaran dengan maksud memperoleh gambaran yang akurat tentang berbagai permasalahan yang harus dipecahkan dan peluang yang dapat dimanfaatkan demi peningkatan kinerja di bidang pemasaran. </span>

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: